Sabtu, 04 Agustus 2012

Pesona Sam Poo Kong Sebagai Objek Wisata yang Edukatif dan Rekreatif


Huufft... capek juga seharian ngelilingin halaman Sam Poo Kong. Uppss...makanan apa tuh Sam Poo Kong?? Apa mirip singkong kali yaa??hehe. Eitz...tenang dulu teman, nih bakalan anna paparin deh sedikit tentang Sam Poo Kong. Apa sih sebenarnya Sam Poo Kong itu??
Hhmm...Sam Poo Kong itu merupakan suatu Klenteng atau bangunan yang dijadikan sebagai tempat beribadahnya umat Budha. Klenteng yang berlokasi di sebelah barat daya kota Semarang, tepatnya di daerah Simongan Jl. Simongan Semarang ini, selain sebagai tempat ibadah juga menjadi salah satu tujuan wisata di kota Semarang yang menarik banyak minat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.
Di Klenteng Sam Poo Kong tersebut terdapat beberapa bangunan yang  berarsitekkan China banget, pokoknya kalau datang kesana serasa sedang berada di Negeri Tirai Bambu deh. Disana juga terdapat patung besar Laksaman Cheng Ho yang menjulang tinggi ke arah langit, yang ditunjukan untuk mengenang Laksamana Tiongkok tersebut. Nah, gimana terarik gak tuh temen-temen untuk berkunjung ke sana?
Oke deh, sekarang anna mau nyritain sejarah singkat awal dibangunnya Sam Poo Kong. Keberadaan Sam Poo Kong tak lepas dari sosok Laksamana Tiongkok bernama Zheng He atau lebih di kenal dengan Laksamana Cheng Ho. Konon menurut sejarah, pada awalnya Laksamana Cheng Ho sedang mengadakan pelayaran menelusuri pantai laut Jawa untuk tujuan politik dan dagang. Namun karena ada awak kapal yang sakit ia memutuskan untuk bersandar terlebih dahulu di sebuah desa, yang bernama Simongan. Akhirnya merekapun bersinggah di desa Simongan tersebut, namun karena merasa nyaman di tempat itu, mereka memutuskan untuk beberapa waktu menetap  di tempat tersebut.
Akan tetapi karena harus melenjutkan perjalanan, ia pun meninggalkan tempat itu. Tetapi banyak awak kapalnya yang menikah dengan warga setempat dan menetap di daerah Simongan. Tak heran sampai sekarang daerah Simongan banyak dihuni oleh penduduk keturunan Tiongkok.
Untuk mengenang jasa-jasa dari Laksamana Zheng He/Cheng Ho, penduduk setempat mendirikan sebuah Klenteng di sekitar gua tempat dimana ia sering menghabiskan waktu untuk bersemedi yang akhirnya disebut dengan Klenteng Sam Poo Kong atau Sam Poo Thay Djin.
Klenteng Sam Poo Kong Semarang terdiri atas sejumlah anjungan. Bangunan pemujaan utama ialah Klenteng Besar dan gua Sam Poo Kong, Klenteng Tho Tee Kong. Klenteng Besar dan Gua  merupakan bangunan yang paling penting diantara semuanya, dan merupakan pusat seluruh kegiatan pemujaaan di komplek tersebut.(1)
Nah, udah tau kan teman-teman gimana sih sketsa Sam Poo Kong itu. So jangan lewatin deh kalau main ke Semarang untuk mampir ke objek wisata yang satu ini. Hhmm...pas banget tuh buat temen-temen yang lagi liburan, khususnya yang tinggal di semarang dan sekitarnya untuk sekedar berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong sebagai sarana wisata edukatif untuk menambah pengetahuan dan juga wawasan, dan pastinya juga tempatnya nyaman and rekreatif deh.


 (1) www.semarang.go.id

Tidak ada komentar: